hidup itu penuh warna

Kamis, 23 Oktober 2014

Pertumbuhan Penduduk



Definisi 

Pertumbuhan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk di suatu wilayah tertentu pada waktu tertentu dibandingkan waktu sebelumnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertambuhan penduduk:

1. Kelahiran (Fertilitas) 


Kelahiran merupakan faktor alami. Kelahiran adalah bertambahnya jumlah penduduk di suatu wilayah.



2. Kematian (Mortalitas)


Kematian merupakan faktor alami. Kematian adalah hilangnya tanda-tanda kehidupan manusia secara permanen atau berkurangnya penduduk pada suatu wilayah.


3. Perpindahan (Migrasi)


Migrasi merupakan faktor non-alami. Faktor terakhir yang mempengaruhi kecepatan pertumbuhan penduduk suatu daerah adalah Perpindahan (Migrasi) atau Mobilitas Penduduk yang artinya proses gerak penduduk dari suatu wilayah ke wilayah lain dalam jangka waktu tertentu.



Macam-macam pertumbuhan penduduk:


1. Pertumbuhan Penduduk Alami Pertumbuhan penduduk alami adalah pertumbuhan penduduk yang diperoleh dari selisih kelahiran dan kematian.




2. Pertumbuhan Penduduk Migrasi Pertumbuhan penduduk migrasi adalah pertumbuhan penduduk yang diperoleh dari selisih migrasi masuk dan migrasi keluar.




3. Pertumbuhan Penduduk Total Pertumbuhan penduduk total adalah pertumbuhan penduduk yang disebabkan oleh faktor kelahiran, kematian, dan migrasi.




Dampak Pertumbuhan Penduduk:


  • Lahan tempat tinggal dan bercocok tanam berkurang.
  • Semakin banyaknya polusi dan limbah yang berasal dari rumah tangga, pabrik, perusahaan, industri, peternakan, dll
  • Angka pengangguran meningkat.
  • Angka kesehatan masyarakat menurun.
  • Angka kemiskinan meningkat.
  • Pembangunan daerah semakin dituntut banyak.
  • Ketersediaan pangan sulit.
  • Pemerintah harus membuat kebijakan yang rumit.
  • Angka kecukupan gizi memburuk.
  • Muncul wanah penyakit baru
Nilai pertumbuhan penduduk


Dalam demografi dan ekologi, nilai pertumbuhan penduduk (NPP) adalah nilai kecil dimana jumlah individu dalam sebuah populasi meningkat. NPP hanya merujuk pada perubahan populasi pada periode waktu unit, sering diartikan sebagai persentase jumlah individu dalam populasi ketika dimulainya periode.

 Ini dapat dituliskan dalam rumus: 








Cara yang paling umum untuk menghitung pertumbuhan penduduk adalah rasio, bukan nilai. Perubahan populasi pada periode waktu unit dihitung sebagai persentase populasi ketika dimulainya periode. 

Yang merupakan:


 Setelah melihat penjabaran mengenai pertumbuhan penduduk diatas , kita dapat menyimpulkan perubahan jumlah penduduk disebabkan oleh 3 faktor yaitu kelahiran maka jumlah penduduk akan bertambah , kematian maka akan berkurang,dan migrasi akan membuat selisih pertumbuhan penduduk menjadi berubah, kita juga tahu ada  3 macam pertumbuhan penduduk alami karena proses kematian dan kelahiran , migrasi selisih perpindahan penduduk,dan total adalah gabungan dari kematian,kelahiran dan migrasi . Perubahan ini menyebabkan berbagai macam dampak negatif , oleh karna itu kita harus bisa mengontrol laju pertumbuhan penduduk dunia , karena itu bisa membuat banyak hal negatif dan hal-hal yang tak diinginkan. Saya rasa hanya itu yang bisa saja jelaskan.

berikut video tentang pertumbuhan penduduk didunia : 


source : 
http://www.datastatistik-indonesia.com/portal/index.php?option=com_content&task=view&id=919
http://www.datastatistik indonesia.com/portal/index.phpoption=com_content&task=view&id=220&Itemid=220
http://id.wikipedia.org/wiki/Pertumbuhan_penduduk
http://annisazainal.wordpress.com/tag/pengertian-pertumbuhan-penduduk/

 Terima kasih telah berkunjung 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung

Alza Ichsan Kurniawan. Diberdayakan oleh Blogger.