BISNIS INFORMATIKA DI ERA DIGITAL
Teknologi telah merangkul seluruh bidang kehidupan, khususnya
dalam cara orang berbisnis. Para eksekutif sudah sangat bergantung dan
memanfaatkan teknologi sehingga muncullah hal yang dinamakan Bisnis
Informatika.
Tapi Sebenarnya apa Bisnis Informatika itu?
Secara harfiah, Bisnis Informatika itu sendiri terdiri dari
dua kata yaitu Bisnis dan Informatka, dimana bisnis yang dalam ilmu ekonomi adalah
suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis
lainnya, untuk mendapatkan laba.
Sedangkan Informatika (Inggris: Informatics)
merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu
data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi.
Karenanya Bisnis yang menjanjikan ini terus berkembang dan
salah satu contoh dari perusahaan yang menekuni bisnis dibidang informatika
adalah PT.Graha Informatika Nusantara (GRATIKA). Dan berikut adalah profil dari
perusahaan tersebut.
PT. Graha Informatika Nusantara
(GRATIKA) berdiri pada tahun 1986, berlandaskan pada kerjasama tiga perusahaan
BUMN besar di Indonesia, yakni PT Telekomunikasi Indonesia (TELKOM), PT Indosat
dan PT Asuransi Jasa Indonesia melalui Yayasan Dana Pensiun PT Telkom (YDPT),
Koperasi Pegawai PT Indosat (KOPINDOSAT) dan Yayasan Kesejahteraan Karyawan
(YKK) Jasindo.
Dalam perkembangannya, pada tanggal
18 Maret 1998, seluruh saham GRATIKA yang dimiliki oleh Yayasan Kesejahteraan
Karyawan Jasindo beralih kepada salah satu perusahaan swasta nasional yang
bergerak di bidang telekomunikasi yaitu PT. Aneka Spring Telekomindo
(ASTEL). Selanjutnya pada tahun 2003, seluruh saham Koperasi Pegawai PT.
Indosat juga beralih kepada YDPT dan PT. ASTEL.
Visi GRATIKA adalah menjadi
perusahaan yang terkemuka dan terpercaya dalam penyediaan Jasa Nilai Tambah
(Value Added Service) dan Total Solusi dalam Industri Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) di Indonesia.
Untuk mencapai Visi tersebut GRATIKA
memiliki Misi sebagai berikut :
·
Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan mengedepankan
kerja cepat dan cerdas serta kerjasama tim yang solid.
·
Mengoptimalkan Kinerja Perusahaan melalui peningkatan
kualitas sumber daya manusia yang profesional, pemutakhiran dan pengembangan
proses serta sistem manajemen yang handal.
·
Memberikan pertumbuhan pendapatan dan profitabilitas
usaha.
Sejalan dengan visi dan misinya,
GRATIKA mengutamakan pada kualitas dan profesionalisme sumber daya manusia,
serta menggalang kerjasama dan kepercayaan untuk meningkatkan nilai perusahaan
Dengan melihat jauh kedepan sesuai kompetensinya, strategi bisnis GRATIKA
mengarah kepada Pembangunan dan Pengembangan Perangkat dan system
telekomunikasi termasuk sistem supportnya, serta Service Provider di
bidang infocom.
Dengan dipimpin oleh para komisaris
seperti Teguh Wahyono, Henry Andriejanssen, dan Stanislaus Susatyo dan para
direktur yang kompeten dibidangnya seperti Mulyanta, Irwin Sakti dan Dedi
Ruhyana, GRATIKA berkembang dengan pesat dan membuat inovasi serta bisnis yang
menjanjikan dan berkualitas.
Dan dengan didukung oleh tenaga
profesional yang berpengalaman, GRATIKA menempatkan diri sebagai VAS &
InfoCom Solution Provider, yang kemudian menetapkan Value Added
Network/Services (VAN/VAS) sebagai bisnis yang utama. Bisnis utama tersebut
mulai dirintis pada tahun 1993, dengan meluncurkan layanan jasa jaringan yang
kemudian diikuti dengan memperkenalkan jasa Calling Card. Menyusul kemudian,
untuk memenuhi kebutuhan Fixed Telephone maupun Cellular Telephone GRATIKA
mengembangkan produk Fax / Voice Mail.
Seiring dengan kemajuan teknologi
yang semakin meningkat, berbagai kebutuhan yang berkembang membuka peluang bagi
GRATIKA untuk mendukung kebutuhan public service seperti Call /Info Center,
Telebanking, Virtual Phone/Fax dan pembangunan aplikasi yang didasarkan pada
teknologi Voice Processing, yang tidak saja sebagai System Development tetapi
juga sebagai Service Provider, yang mengarah kepada pengembangan tehnologi
multimedia.
Selanjutnya sesuai dengan tuntutan
lingkungan bisnis , GRATIKA mulai meluaskan cakupan bisnisnya ke bidang-bidang
lainnya seperti :
Cellular
Business Solution :
·
Mobile Banking,
·
Universal Recharging Platform (URP),
·
Universal Messaging Platform (UMP),
·
Front End Gateway Recharge Platform,
·
Sistem Management Authorized Dealer (Carlita),
·
M-Force,
·
Broadband Customer Profiling (BCP),
·
Security Architecture,
·
Mobile Occasion,
·
Maintenance Universal Messaging Platform (UMP),
·
Maintenance Universal Recharging Platform (URP),
·
OSS-BSS Tools (OPNET),
·
Bandwidth Optimizer, Environment Monitoring System
(EMS).
Fixed
Business Solution :
·
Telecom Calling Card (TeCC),
·
Voucher Electronic (Voulec),
·
Extended Calling Card Service (EXCIS),
·
Manage Service CPE,
·
Solution based,
·
Call Center (Camila),
·
IVR Hotbill/SMS Hotbill,
·
Maintenance IVR.
Telco Infrastructure
: Outside Plant (OSP).
Trading and
Channeling :
·
Percetakan Voucher,
·
MEDIA Adv (MD-Media),
·
SMS Broadcast,
·
E-Filling System,
·
Authorized Dist & Grapari Kios,
·
SAG (Server Authoreaload),
·
End to End ( E2E ) Physical Voucher Management.
Source :
https://id.wikipedia.org/wiki/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar